Selasa, 29 September 2009

Piala Dunia Terancam Tanpa Messi-CR9

Cristiano Ronaldo-Lionel Messi
(istimewa)

INILAH.COM, Jakarta – Dua pemain terbaik dunia terancam tidak bermain di Piala Dunia 2010. Nasib Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo untuk bermain di Afrika Selatan tahun depan berada di ujung tanduk karena Argentina dan Portugal bermain tidak meyakinkan di babak kualifikasi.

Messi dan tim ‘Tango’ menjadi sorotan dalam kualifikasi Piala Dunia 2010 karena penampilannya yang jauh dari ekspektasi. Keberadaan bintang-bintang seperti Messi, Sergio Aguero dan Carlos Tevez tidak dapat dimanfaatkan oleh pelatih Diego Armando Maradona.

Kini Argentina berada di posisi kelima zona Amerika Selatan (Conmebol) dengan raihan 22 poin. Kesempatan lolos masih terbuka bagi mereka, asalkan selalu menang di dua pertandingan sisa melawan Peru (10 Oktober) dan Uruguay (14 Oktober). Seandainya menang melawan kedua negara itu, maka mereka dapat meraih kemungkinan poin maksimal sebanyak 28 poin.

Untuk lolos secara otomatis, juara dunia dua kali itu harus bergantung pada hasil yang diraih Chile, yang kini bertengger di posisi ketiga dengan 27 poin, dan Ekuador, yang berada di posisi keempat dengan 23 poin.

Jika Chile, Ekuador dan Argentina meraih dua kemenangan di dua laga sisa yang mereka miliki, maka Albiceleste tetap mendapatkan tiket untuk lolos ke putaran final Piala Dunia dengan catatan harus melakukan pertandingan playoff. Lawan yang akan dihadapi di babak tersebut adalah negara yang berada di urutan keempat zona Amerika Utara (Concacaf).

Jika Maradona gagal mempersembahkan kemenangan di dua laga tersisa, maka kesempatan untuk pecinta sepak bola menyaksikan tarian tango Messi dan kawan-kawan semakin menipis.

Setali tiga uang dengan nasib Argentina, Portugal kini sedang berusaha kembali ke jalur yang benar untuk mengulang capaian di 1966, 1986, 2002 dan 2006. Dua laga sisa di pertengahan Oktober melawan Hungaria dan Malta menjadi kunci bagi tim asuhan Carlos Queiroz untuk mewujudkan mimpi lolos dari grup 1 kualifikasi Piala Dunia 2010 zona Eropa (UEFA).

Dengan modal 13 poin yang dimiliki, Seleccao das Quinas kini berada di bawah Denmark dan Swedia yang masing-masing meraih 18 dan 15 poin. Seandainya Portugal menang melawan Hungaria dan Malta, mereka masih harus menunggu hasil yang didapatkan Swedia. Jika Swedia kalah saat melawan Denmark, ada kesempatan bagi Portugal untuk menembus playoff zona Eropa.

Untuk menembus playoff, Portugal harus memastikan diri termasuk dalam delapan runner up grup terbaik dari sembilan grup yang ada di zona UEFA. Penentuan lawan di babak kualifikasi kedua itu akan ditentukan dalam pengundian yang dilangsungkan 19 Oktober mendatang.

Ronaldo pun sadar jalan panjang untuk membawa negaranya lolos ke benua hitam di pertengahan tahun depan. “Kami akan melanjutkan mimpi untuk lolos dari babak kualifikasi. Saat ini tujuan kami untuk menang dan kami melakukannya. Tim puas dengan hasil ini, tetapi masih ada jalan panjang di depan,” ujar kapten Portugal itu setelah mengalahkan Hungaria di Stadion Ferenc Puskas, Rabu (9/9).

Pekerjaan rumah bagi kedua tim saat ini adalah menemukan formula yang tepat untuk memenangkan pertandingan-pertandingan sisa demi jatah tampil di Piala Dunia ke-19. Yang tidak kalah penting adalah berdoa dan berharap agar saingan mereka tersandung. [E1]

sumber : inilah.com

Tidak ada komentar: